Total Tayangan Halaman

Kamis, 19 Mei 2011

KEPRIBADIAN BANGSA TIMUR

FRANCIS L.K Hsu. Sarjana ketuturunan cina, yang mengkombinasikan dalamdirinya keahlian didalam ilmu antropologi,psikologi,filsafat dan kesusastraan cina klasik.(homeostatis psikologi)
Hsu. Telah mengembangkan suatu konsepsi,bahwa dalam jiwa manusia sebagai
Mahluk social budaya itu mengandung delapan daerah lingkaran konsentris sekitar diri pribadi.
Nomor 7 dan 6,Disebut daerah tak sadar dan sub sadar,yang berada di daerah pedalaman dari alam jiwa individu dan terdiri dari bahan pikiran dan gagasan yang terdesak kedalam,sehingga tidak disadari oleh individu dan terlupakan.
Nomor 5 ,Disebut kesadaran yang tidak dinyatakan,pikiran-pikiran dan gagasan yang di sadari oleh individu tetapidisimpan didalam jiwanya sendiri dan tidak dinyatakan kepada sesiapapun.(Karena malu,takut salah, sungkan, tidak menemukan kata-kata yang tepat).
Nomor 4, Disebut kesadaran yang dinyatakan secara terbuka (pikiran dan gagasan maupun perasaan-perasaan).
Nomor 3,Disebut lingkaran hubungan karib, mengandung konsepsi tentang orang-orang , binatang-binatang atau benda-benda yang diajak gaul secara mesra dan karib.
Nomor 2,Disebut hubungan berguna, fungsi kegunaan (pedagang dan pembeli).
Nomor 1, Dsebut lingkaran hubungan jauh, terdiri dari pikiran-pikiran dan sikap dalam jiwa manusia, tetapi jarang mempunyai arti dalam kehidupan sehari-hari.
Nomor 0, Disebut lingkungan dunia luar, terdiri dari pikiran-pikiran dan anggapan tentang orang-orang diluar masyarakat dan Negara Indonesia.
Menurut Francis L.K.Hau -->yang menggambarkan kepribadian manusia adalah lingkaran No, 3. Hubungan yang berdasarkan cinta dan kemesraan dan juga rasa untuk bias berbakti penuh dan mutlak merupakan suatu kebutuhan fundamental dalam hidup manusia, tanpa adanya tokoh-tokoh, benda-benda kesayangan, tanpa Tuhan, tanpa ide dalam alam jiwa, hidup kerohanian manusia tidak akan bias seimbang dan selaras.
Hsu… konsep lain adalah jen, Dalam kebudayaan cina yaitu: Manusia yang berjiwa selaras, manusia yang berkepribadian, adalah manusia yang dapat menjaga keseimbangan hubungan antara diri kepribadiannya dengan lingkungan sekitarnya yang paling dekat.
Kebudayaan Timur → lebih mementingkan kehidupan rohani,mistik,gotong royong, dan keramah tamahan dll.
Kebudayaan Barat → mementingkan kebendaan,pikiran logis, asa guna dan individualisme


IBD. Yang dddihubungkan dengan prosa ( kesusasteraan).
A. Prosa lama: Dongeng-dongeng, hikayat,sejarah,Epos, cerita Pelipur Lara.
B. Prosa Baru: Cerita pendek, Roman/ Novel. Biografi,dan Kisah.

Sebagai seni yang berlatar cerita ( fiksi ), karya sastra membawakan nilai-nilai, pesan moral dan cerita para pembaca, nilai-nilai tersebut adalah:
a. Nilai Kesenangan :
pembaca mendapat pengalaman atas peristiwa atau kejadian yang dikisahkan dan dapat berimajinasi untuk mengenal daerah atau tempat asing yang belum dikunjungi atau mengenal tokoh-tokoh aneh atau asing tingkah lakunya atau mungkin rumit perjalanan hidupnya.
b. Memberikan informasi :
Tentang kehidupan masa lalu, masa kini, bahkan masa yang akan datang atau asing yang tak terdapat diensiklopedi.
c. Warisan Kultural :
Mengungkapkan impian-impian, aspirasi generasi terdahulu yang seharusnya dihayati generasi kini.
d. Keseimbangan wawasan :
Dapat memperluas dan memperdalam persepsi dan wawasannya tentang tokoh,Kehidupan manusia sehingga akan terbentuk keseimbangan, Terutama menghadapi kenyataan-kenyataan diluar dirinya yang mungkin berlainan pribadinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar